Beranda

Olimpiade Psikologi Ke-4

Gambaran dan Pedoman Kegiatan Olimpiade Psikologi Ke-4 - Kerjasama antara PP Himpsi dan Himpsi Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta - secara lengkap dapat diunduh melalui tautan berikut ini:

https://drive.google.com/drive/folders/0BxVHpI6Ad6gTR0MzSnkwdFAzYnM

 


 

Olimpiade Psikologi Indonesia ke-4 : Harmony in Diversity

RANCANGAN TEKNIS

“PSYCHOPRENEUR”

OLIMPIADE PSIKOLOGI INDONESIA 4

(UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA,  27-28 Oktober 2017)

 A.             DESKRIPSI KEGIATAN

Psychopreneur adalah sebuah kompetisi perilaku kewirausahaan dimana peserta diajak untuk bermain seperti permainan monopoli. Namun berbeda dengan pemainan monopoli yang biasanya menggunakan pion namun di simulasi ini peserta yang akan bergerak, berlomba dalam sebuah simulasi pasar untuk menemukan atau menciptakan peluang bisnis, merancang langkah-langkah membangun organisasi bisnis, membaca dinamika pasar dan membuat keputusan bisnis, serta menerima konsekuensi dari keputusan dan tindakan kewirausahaan dalam bentuk keuntungan atau kerugian. Secara psikologis, peserta juga belajar mengelola emosi,  bekerja dalam tekanan waktu & persaingan yang ketat,  serta berpikir cepat & cermat dalam mengambil keputusan.

Kegiatan Psychopreneur ini sesuai dengan tema Olimpiade Psikologi 4, yaitu Harmony in Diversity.  Peserta kompetisi  yang berupa tim yang berasal dari universitas yang berbeda-beda tentu saja para anggotanya memiliki keberagamaan seperti suku, agama, dialek bahasa dsb disamping memiliki individual differences .Namun demikian, harapannya melalui kompetisi kewirausahaan ini semua peserta secara bersama dapat menjalankan dinamika aktivitas kompetisi dengan sportif dan harmoni, sehingga terjalin rasa kebersamaan (adanya kerjasama) yang pada akhirnya dapat membentuk atmosfer persaudaraan antar peserta. Dalam tim sendiri, para anggota akan belajar untuk mengharmonikan pikiran melalui kerja tim yang pada akhirnya akan membuat satu keputusan bisnis.

 B.             SISTEMATIKA DAN DETAIL KEGIATAN

  1. Kompetisi kewirausahaan dilaksanakan dalam tiga putaran simulasi pasar. Setiap putaran memakan waktu 2 jam sehingga total kompetisi ini dilakukan dalam waktu 6 jam. Setiap tim bebas melakukan perilaku kewirausahaan dengan modal yang tersedia.
  2. Pada putaran pertama, setiap  tim mendapatkan modal awal dalam jumlah tertentu (misalnya 15 juta rupiah dalam bentuk uang simulasi) yang dipergunakan untuk memenuhi sejumlah kebutuhan pokok hidup dan kewajiban-kewajiban lainnya, misalnya membayar pajak. Modal awal tersebut tidak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan di putaran pertama melainkan sampai 3 putaran. Kebutuhan pokok peserta misalnya beras, biscuit, ikan & daging, kopi & teh, minyak goreng, pakaian, pulsa, sayuran, tahu & tempe, telepon seluler, dan toiletres. Masing-masing komoditas tersebut akan diwakilkan dalam satu kartu. Kartu tersebut hanya akan berlaku selama satu putaran.    
  3. Untuk bisa terus memenuhi kebutuhan hingga akhir putaran, maka peserta harus menggunakan modal awal ini untuk merintis bisnis kewirausahaan.
  4. Dalam simulasi ini peserta benar-benar dihadapkan pada miniatur situasi yang ada di pasar seperti perilaku ekonomi di BANK PSYCHOPRENEUR, PASAR INDUK, PASAR INVESTASI, dan PASAR EKSTERNAL.
  • Bank Psychopreneur

Bank Psychopreneur berfungsi sebagaimana fungsi bank pada umumnya seperti  menyimpan uang dan pemberian kredit pada peserta. Selain itu Bank Psychopreneur juga berfungsi sebagai tempat pembayaran pajak peserta.

  • Pasar Induk

Pasar Induk hanya melayani pembelian komoditas dalam skala besar dengan minimal pembelian sepuluh kartu. Komoditas yang dijual di pasar induk antara lain beras, biscuit, ikan & daging, kopi & teh, minyak goreng, pakaian, pulsa, sayuran, tahu & tempe, telepon seluler, dan toiletres. Diakhir putaran pasar induk akan melakukan pengecekan pemenuhan kebutuhan pokok peserta. Peserta yang tidak mampu memenuhi kebutuhan pokoknya akan didenda sebesar sepuluh kali lipat harga komoditas yang tidak dapat dipenuhi. Seluruh kartu yang tidak dapat terjual diputaran sebelumnya dapat dijual di pasar induk dengan harga yang rendah karena barang tersebut telah mengalami depresiasi. 

  • Pasar Investasi

Pasar investasi memberikan penawaran investasi dalam bentuk lahan, pabrik dan agen distribusi.  Lahan yang ditawarkan kepada peserta antara lain ladang kelapa sawit, sawah, ladang kedelai, ladang gandum, ladang kopi/teh dan ladang sayuran.  Pabrik yang ditawarkan kepada peserta antara lain pakaian, snack/biscuit, kopi/teh, minyak goreng, gula, toiletries, tahu/tempe dan ikan/daging kalengan. Sedangkan agen distribusi yang ditawarkan kepada peserta antara lain telepon seluler dan pulsa telepon seluler. Lahan dan pabrik dapat dijual kepada peserta lain atau kepada fasilitator pasar investasi di akhir putaran. 

  • Pasar Eksternal

Selain peserta kompetisi ini, di luar sana juga terdapat banyak sekali penduduk Indonesia yang memerlukan kebutuhan pokok. Permintaan mereka akan diwakili oleh pasar eksternal. Pasar eksternal akan mengadakan lelang untuk membeli kebutuhan pokok yang diperlukan. Pasar Eksternal hanya membeli barang dengan skala besar dan harga termurah dari penawaran peserta. Barang dan jumlah barang yang dibeli pasar eksternal dapat berubah sesuai dengan situasi dan kondisi pasar.

  1. Kompetisi simulasi kewirausahaan akan dipandu 1 fasilitator dan 10 orang co fasilitator yang bertugas menjalankan pos-pos pendukung jalannya kewirausahaan seperti bank (3 orang), pasar induk (3 orang), pasar eksternal (2 orang), dan pasar investasi (2 orang).Pasar simulasi kewirausahaan yang dibangun berdasarkan model demand driven market yang dikembangkan oleh John Maynard Keynes.
  2. Untuk menjalankan perilaku ekonomi dalam simulasi pasarini, peserta tidak hanya menggunakan uang secara fisik di pos-pos melainkan juga akan diberi fasilitas menggunakan E-banking sehingga setiap tim akan difasilitasi program E-banking tersebut di 1 handphone di masing-masing tim yang akan dikoordinasikan saat technical meeting.
  3. Pemahaman tentang mekanisme dan struktur pasar, alat-alat simulasi, serta cara dan ketentuan permainan sangat diperlukan untuk mampu berkompetisi dengan baik. Untuk itu Panitia akan menyelenggarakan sesi pengenalan teknis dan latihan simulasi, pada tanggal 27 Oktober 2017, mulai pukul 15.00. Latihan simulasi dilakukan dalam bentuk 1 putaran dimulai dengan kondisi dan aturan-aturan yang sama dengan putaran simulasi yang sebenarnya yang akan dilakukan tanggal 28 Oktober 2017.

 

C.             KETENTUAN UMUM

(1).        Peserta adalah Tim Mahasiswa/i yang mewakili Fakultas atau Jurusan atau Program Studi Psikologi di Indonesia.

(2).        Setiap tim beranggotakan 3 (tiga) orang mahasiswa. Setiap perguruan tinggi dimungkinkan untuk mengirim maksimal 2 tim.

(3).        Setiap peserta hanya bisa mengikuti satu cabang lomba

(4).        Anggota tim adalah mahasiswa Program Studi S1 yang dibuktikan dengan photo copy Kartu Mahasiswa.

(5).        Membawa Kartu Tanda Mahasiswa saat mengikuti perlombaan

(6).        Biaya keikutsertaan untuk setiap Tim adalah Rp 650.000/ tim

 

D.            PROSEDUR PENDAFTARAN

(1).        Mengisi formulir pendaftaran Olimpiade Psikologi 4 lewat formulir online melalui link berikut https://goo.gl/iisSu3 atau mendownload formulir pendaftaran di website HIMPSI dan mengirimkannya ke email penyelenggara OPI 4 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. dengan subject: ENTERPRENEUR_(nama universitas)_(nama ketua tim)

(2).        Membayar biaya keikutsertaan sebesar Rp. 650.000/Timmelalui rekening Bank Mandiri dengan nomor rekening 137-0011-0978-92 a.n. Listya Laksana Fajar.

(3).        Pengiriman formulir pendaftaran, dilengkapi scan bukti pembayaran (slip transfer atau resi dari ATM), surat rekomendasi dari Fakultas, dan scan  Kartu Mahasiswa setiap anggota Tim.

(4).        Penyerahan Formulir Pendaftaran diterima sampai batas akhir tanggal 25 Oktober 2017, pukul 16.00.

(5).        Konfirmasi pendaftaran dan Informasi lebih lanjut dapat menghubungi contact person : Ayudia, hp. 087770518876 dan Okta, hp. 085747995912)

 

E.             KEJUARAAN DAN KRITERIA PENILAIAN

Kejuaraan dan kriteria penilaian pada akhir simulasi ditentukan dari jumlah kekayaan pada akhir permainan, sebagaimana tercatat di dalam rekening tabungan peserta di Bank Psychopreneur. Tiga tim dengan dengan penilaian tertinggi pada jumlah kekayaan akan ditetapkan sebagai juara, sesuai dengan peringkat nilainya.

 

F.              TIMELINE KEGIATAN

No

Tanggal

Jam

Kegiatan

Tempat

1

27/10/2017

15.00-15.30

Registrasi

Venue Opening Ceremony OPI 4

15.30-17.30

Technical Meeting

2

28/10/2017

07.30-08.00

Registrasi

Aula Lantai 3 Abdullah Sigit

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

08.00-10.00

Psychoentrepreneur

(Putaran 1)

10.00-10.15

Break I

10.15-12.15

Psychoentrepreneur

(Putaran 2)

12.15-13.15

Ishoma

13.15-15.30

Psychoentrepeneur

(Putaran 3)

15.30-16.30

Break II

17.00

Pengumuman dan Penyerahan Hadiah

 


 

Hotel di Jogja

(untuk keperluan Olimpiade Psikologi Indonesia 4)

Bekerja sama dengan Hotel Grand Sarila, sebagai Official Hotel OPI 4 DIY

Kami menawarkan kemudahan dalam mendapatkan Akomodasi / Penginapan dengan Harga Terjangkau dan Jarak yang relatif Dekat dari seluruh venue OPI 4 di Yogyakarta.

Terdapat tiga pilihan harga :

  1. Double (1 kamar 2 orang) Rp. 370.000/kamar/malam
  2. Triple ( 1 kamar 3 orang) Rp. 465.000/kamar/malam
  3. Quatro (1 kamar 4 orang) Rp 560.000/kamar/malam

Harga diatas khusus untuk peserta OPI yang memesan Hotel melalui Sekretariat OPI 4.

Untuk Pemesanan dapat mengisi Form di bawah ini.

Pembayaran dapat ditransfer ke rekening BCA 445 1218 128 a.n. Ikhsan Ma’mur Khanifan

Kirimkan Formulir ini beserta bukti Pembayaran ke email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. paling lambat 15 Oktober 2017


 

KETENTUAN TEKNIS

CABANG LOMBA PSYCHOFILM

OLIMPIADE PSIKOLOGI INDONESIA 4

 

A. DESKRIPSI LOMBA

PsychoFilm merupakan cabang lomba baru sebagai pengganti dari PsychoDrama. PsychoFilm adalah perlombaan pembuatan film pendek yang mengusung tema besar Harmony in Diversity.

 

B. KETENTUAN UMUM

  1. Peserta adalah mahasiswa S1 dari Program Studi Psikologi di Indonesia yang dibuktikan dengan KTM (Kartu Mahasiswa).
  2. Peserta boleh perorangan atau tim yang berasal dari Perguruan Tinggi yang sama.
  3. Tema besar film pendek adalah Harmony in Diversity.
  4. Durasi keseluruhan film minimal 7 – 15 menit.
  5. Film tidak megandung unsur SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan), pornografi, dan hal-hal lain yang bertentangan dengan etika, norma, dan hukum yang berlaku di Indonesia.
  6. Film pendek bukan berbentuk animasi.
  7. Bahasa yang dapat digunakan di dalam keseluruhan film adalah Bahasa Indonesia. Film pendek yang dibuat selain dalam bahasa Indonesia diwajibkan memiliki teks terjemahan (subtitle) bahasa Indonesia.
  8. Tahun produksi 2017.
  9. Film pendek yang diikutkan lomba merupakan karya baru, orisinal, bukan hasil jiplakan dan/atau mengambil sebagian hak cipta karya orang lain. Jika ide film berasal dari adaptasi karya sastra atau pengalaman hidup harus disebutkan sumbernya.
  10. Produksi film dan teknologi yang digunakan sepenuhnya diserahkan kepada peserta, dengan pembiayaan sendiri.
  11. Penggunaan ilustrasi musik dalam film harus merupakan karya orisinil ataupun free music tanpa lisensi yang bisa diunduh dari internet.
  12. Panitia tidak bertanggung jawab apabila di kemudian hari terdapat gugatan hak cipta. Seluruh permasalahan Hak Cipta adalah tanggung jawab Peserta.
  13. Film pendek belum pernah diikutkan perlombaan/kompetisi lain sebelumnya.
  14. Setiap Tim diperkenankan mengirim lebih dari 1 judul karya (maksimal 2 judul karya) dengan melakukan pendaftaran dan pembayaran pada masing – masing judul karya.
  15. Hak cipta karya tetap menjadi milik peserta lomba. Penyelenggara dan HIMPSI memiliki wewenang untuk melakukan penayangan sesuai kepentingan OPI 4.
  1. Keputusan dewan juri bersifat mutlak, dan tidak bisa diganggu gugat.

C. PROSEDUR PENDAFTARAN

  1. Mendaftar dengan mengisi formulir pendaftaran yang dapat diakses melalui website himpsi.or.id
  2. Membayar biaya registrasi sebesar Rp. 500.000,- untuk setiap 1 film yang didaftarkan (satu tim dapat mengirimkan maksimal 2 film).
  3. Mengirimkan lampiran :

1)    Formulir pendaftaran yang telah diisi.

2)    Scan Kartu Mahasiswa dari masing-masing anggota tim produksi.

3)    Scan bukti pembayaran.

4)    Scan surat rekomendasi dari fakultas.

  1. Dikirimkan via email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  2. Peserta yang telah mengirim seluruh lampiran pendaftaran, akan mendapatkan email konfirmasi, draft Surat Pernyataan Orisinalitas karya, draft Informasi Karya dan kode pendaftaran peserta.
  3. Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi contact person :

Seta (0877 3940 4463)

Chica (0896 5729 4022)

 

D. KETENTUAN PENGIRIMAN KARYA

  1. Peserta telah melengkapi seluruh syarat pendaftaran, dan telah mendapatkan kode pendaftaran peserta.
  2. Peserta mengirimkan berkas karya melalui email yang berisi :

1)     Kode pendaftaran peserta.

2)     Surat Pernyataan Orisinalitas Karya

3)     Informasi Karya

4)     Soft file film pendek utuh yang diikutkan dalam lomba. Karya di unggah ke Google Drive untuk kemudian dikirimkan tautannya melalui email.

5)     Format file dalam bentuk *.mp4, *.mov, *.mkv, *.mpeg atau *.avi dengan kualitas resolusi HD 720p atau Full HD 1080p.

  1. Seluruh berkas karya dikirim melalui email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  2. Seluruh berkas karya harus sudah diterima panitia maksimal pada 17 Oktober 2017.
  3. Setelah berkas telah diterima panitia, peserta akan mendapatkan emailkonfirmasi dari Panitia.

 

C. PENJURIAN

Teknis Penjurian dalam PsychoFilm ini memiliki 2 (dua) tahap, yaitu Penjurian Tahap 1 dan Penjurian Tahap 2.

a.    Penjurian Tahap 1

Penjurian Tahap 1 merupakan tahap pertama penjurian yang dilaksanakan secara internal oleh juri-juri Psychofilm selama 2 hari, yaitu pada tanggal 18 - 19 Oktober 2017. Dalam penjurian ini akan ditentukan 10 Karya Finalis yang akan masuk ke Penjurian Tahap 2.

b.    Penjurian Tahap 2

Penjurian Tahap 2 akan diikuti oleh 10 Karya Finalis, dengan ketentuan :

1)  Masing-masing tim diwakili oleh 2 orang untuk presentasi dihadapan juri Psychofilm.

2)  Dilaksakan pada 27 Oktober 2017, bertempat di Kampus Sekolah Tinggi Psikologi Yogyakarta.

 

D. KRITERIA PENILAIAN

1)    Originalitas karya.

2)    Kesesuaian cerita dengan tema.

3)    Kreativitas ide/konsep cerita.

4)    Entertain/daya tarik/eye catching.

5)    Kualitas gambar dan suara.

6)    Estetika.


 PSYCHOINNOVATION

A. Latar Belakang PsychoInnovation

Psychoinovation adalah salah satu cabang lomba olimpiade psikologi dimana peserta dianjurkan membuat produk inovasi (dapat berupa barang atau jasa) yang menggunakan prinsip atau teori psikologi. Proposal dan prototipe dalam kompetisi ini dapat digunakan untuk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh DIKTI. Hasil dari kompetisi ini cocok untuk diikutkan dalam PKM bidang Kewirausahaan (PKM-K) atau bidang Karsacipta (PKM-KC)

B. Tema OPI-4

Harmony In Diversity

C. Tema Psychoinovation

Be Brave to Create And Innovate with Psychology Community

D. Tujuan Kegiatan

Tujuan dari kegiatan psychoinovation adalah menumbuh kembangkan karya kreatif dan inovatif dalam keilmuan psikologi yang mampu menghasilkan suatu sistem, design, model barang/jasa, atau prototipe yang dapat diterapkan dalam dunia usaha atau masyarakat luas.

E. Persyaratan Administrasi

a. Peserta terdaftar sebagai mahasiswa S1 psikologi di perguruan tinggi Indonesia dan dibuktikan dengan mengirimkan 1 lembar scan Kartu tanda Mahasiswa (KTM).

b. Peserta dapat berupa tim yang terdiri dari maksimal 3 orang dengan 1 orang sebagai ketua dan 2 anggota kelompok,

c. Seorang mahasiswa hanya diperkenankan bergabung dalam dua tim yang berbeda dengan hanya boleh menjadi ketua pada salah satu tim atau menjadi anggota pada keduanya

d. Karya yang dikirimkan adalah karya asli yang belum pernah dipublikasikan dan belum pernah menjadi juara pada tingkat nasional, segala bentuk pelanggaran dan plagiarisme akan diberikan sanksi berupa diskualifikasi dari perlombaan.

e. Setiap tim harus dibimbing oleh satu dosen pembimbing.

F. Mekanisme Seleksi

Seleksi Karya Tulis

Karya tulis yang dikirimkan oleh peserta akan diseleksi oleh tim juri dan dipilih 10 karya terbaik yang akan berkesempatan untuk mempresentasikan hasil karyanya pada acara Olimpiade Psikologi 4 Cabang Psychoinovaion yang bertempat di Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Jln Kapas No. 9 Umbulharjo Yogyakarta. Peserta diharapkan dapat mempresentasikan ide kreatifnya dengan baik baik berupa produk, jasa, ataupun bentuk lainnya yang dapat di presentasikan.

G. Mekanisme Pendaftaran

1. Peserta Follow Instagram OPI-4 di akun (@opi4jogja)

2. Pendaftaran dibuka sampai dengan tanggal 14 Oktober 2017. Peserta mendaftarkan tim dengan mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh di ( https://drive.google.com/drive/folders/0BxnuxDfL-y5wdmlGY1JMb0FhdGc?usp=sharing )

3. Peserta mengirimkan full paper ke alamat email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. dengan subjek dan nama file paper Pyschoinnovation_Nama Ketua_Asal Perguruan Tinggi_Judul Karya serta memberikan konfirmasi via SMS/WA ke No dengan format Pyschoinnovation_Nama Ketua_Asal Perguruan Tinggi_Judul Karya. Paling lambat pada tanggal: 14 Oktober 2017.

4. Peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 500.000 ke Nomer Rekening (900 00 4073609 3) Bank Mandiri atas nama (Devi Damayanti)

5. Full paper dikirimkan dalam bentuk PDF serta melampirkan:

a. Scan KTM seluruh peserta
b. Bukti Pebayaran bisa langsung dikirim ke WA 0896 5729 4022(Annisa),
dengan format Pyschoinnovation_Nama Ketua_Asal Perguruan Tinggi_Judul

c. Foto berwana peserta 3x4 format: jpeg

d. Formulir Pendaftaran format PDF yang bisa di download di https://drive.google.com/drive/folders/0BxnuxDfL-y5wdmlGY1JMb0FhdGc?usp=sharing

e. Lembar Pengesahan https://drive.google.com/drive/folders/0BxnuxDfL-y5wdmlGY1JMb0FhdGc?usp=sharing

f. Lembar pernyataan yang dapat di download di https://drive.google.com/drive/folders/0BxnuxDfL-y5wdmlGY1JMb0FhdGc?usp=sharing

6. Pengiriman Softcopy dikirm di email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. dengan format nama file Psychoinovation_(Nama ketua tim)_(Asal Perguruan Tinggi)_(Judul karya Tulis).

7. 10 Besar terbaik akan di umumkan pada sosial media Olimpiade Psikologi 4 dan dihubungi oleh panitia melalui email/SMS tanggal 20 Oktober 2017.

8. 10 besar terbaik diwajibkan menghadiri presentasi dan Grand Opening tanggal 26 Oktober pukul 18.00 di UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta serta Closing 28 Oktober 2017 pukul 18.00 di GOR Amongrogo Jogjakarta.

9. Peserta yang karya inovasi berupa produk, diwajibkan membawa produk untuk dipresentasikan bila masuk 10 besar.

10. Penentuan juara 1,2, dan 3 di haruskan membawa produknya bila inovasi yang ditawarkan berupa barang pada saat presentasi.

H. Waktu Pelaksanaan

1. Pendaftaran, Pembayaran dan Pengiriman Karya : 2 Oktober 2017 S/d 14 Oktober 2017

2. Pengumuman 10 Karya terbaik : 20 Oktober 2017
3. Konfirmasi Kehadiran Peserta : 22 Oktober 2017
4. Presentasi 10 Karya Terbaik : 28 Oktober 2017

5. Waktu Presentasi :
a. tempat pelaksanaan : Auditorium Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
b. Waktu : Pk 08.00-Selesai (Peserta lomba, diantarkan menuju acara Closing)



SISTEMATIKA PENULISAN FULL PAPER
PSYCHOINNOVATION
OLIMPIADE PSIKOLOGI INDONESIA-4


A. Sistematika Penulisan Karya Tulis

1. Bagian Awal

a. Halaman Judul *
Judul diketik dengan huruf besar (kapital), hendaknya ekpresif, tepat dengan masalah yang ditulis dan tidak membuka pelu penafsiran ganda. Nama penulis, NIM dan tahun angkatan ditulis dengan jelas.Nama perguruan tinggi ditulis dengan jelas (disertakan logo perguruan tinggi).

b. Lembar Pengesahan *
Lembar pengesahan memuat judul, nama penulis, dan nomor induk mahasiswa. Lembar pengesahan ditandatangani oleh ketua kelompok, dosen pembimbing, dan wakil dekan/ rektor bidang kemahasiswaan. Lembar pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan

c. Lembar Pernyataan *
Lembar pernyataan keaslian dan belum pernah menjadi juara di ajang serupa dan melampirkan materai Rp. 6.000,00

d. Kata Pengantar dari penulis.

e. Daftar isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel, dan daftar lampiran.

f. Abstrak karya tulis maksimal satu halaman yang mencerminkan isi ke karya tulis ilmiah.


2. Bagian Inti

a. Pendahuluan

Bagian pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut:
Perumusan masalah yang mencakup latar belakang tentang alasan mengangkat masalah tersebut menjadi karya tulis dan penjelasan tentang makna penting serta menariknya masalah tersebut untuk ditelaah.

Latar belakang sebaiknya didukung oleh informasi dan atau data yang terpercaya; Uraian singkat mengenai identifikasi masalah atau perumusan masalah; Tujuan penulisan diuraikan dengan jelas; Manfaat penulisan diuraikan dengan jelas.

b. Metode Penulisan

Penulisan dilakukan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secara cermat teknik pengumpulan data dan atau informasi, pengolahan data dan/atau informasi, dan kerangka berpikir.

c. Pembahasan

Uraian tentang hasil kajian, temuan, ide pengembangan (produk, jasa, prototype dll) yang sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan.

d. Penutup

Berisi kesimpulan dan saran yang direkomendasikan.


3. Bagian Akhir

a. Daftar Pustaka (*jika ada)
„« Daftar pustaka ditulis untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan.
„« Penulisan daftar pustaka untuk buku dimulai dengan menuliskan nama pengarang, tahun terbit, judul buku, nama penerbit, dan tempat terbit.
„« Penulisan daftar pustaka untuk jurnal dimulai dengan nama penulis, tahun, judul tulisan, nama jurnal, volume dan nomor halaman. Penulisan daftar pustaka yang diperoleh dari internet ditulis alamat website-nya.
„« Penulisan yang diperoleh dari media cetak ditulis nama sumbernya, tanggal, dan halaman.

b. Daftar Riwayat Hidup
Daftar riwayat hidup peserta mencakup:
nama lengkap, tempat lahir, karya ilmiah yang pernah dibuat, dan penghargaan ilmiah yang pernah diraih.

c. Lampiran (jika diperlukan)


B. Persyaratan Penulisan

1. Naskah ditulis 10-15 halaman. Jumlah halaman tidak termasuk cover, halaman pengesahan, abstrak, daftar isi/ gambar/ tabel serta lampiran-lampiran).

2. Jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan jumlah halaman akan mempengaruhi penilaian.

3. Karya tulis merupakan gagasan orisinil atau penelitian buatan peserta dan belum pernah atau tidak sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis.

4. Bahasa Indonesia yang digunakan harus baku dengan tata bahasa dan ejaan sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD).

C. Petunjuk Teknik Penulisan dan Pengetikan

1. Penulisan Huruf
Naskah diketik pada kertas HVS warna putih ukuran A4 dengan spasi 1,5 menggunakan jenis dan ukuran huruf Arial 12.

2. Tata Letak
Batas pengetikan: samping kiri 4 cm, samping kanan 3 cm, batas atas dan batas bawah 3 cm.

3. Jarak pengetikan, Bab, Sub-bab dan perinciannya
a. Jarak pengetikan antara Bab dan Sub -bab 3 spasi, Sub-bab dan bawahnya 1,5 spasi.
b. Bab dan Judul Bab diketik di tengah-tengah menggunakan huruf besar, dicetak tebal, dan tanpa digaris-bawahi.
c. Judul Sub-bab ditulis dari samping kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang, dari, dan.
d. Judul anak Sub-bab ditulis dari samping kiri, huruf pertama setiap dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang, dari, dan.

4. Pengetikan Kalimat
a. Awal alinea diketik menjorok 5 point atau 1,25 cm.
b. Pengetikan kutipan langsung yang lebih dari 3 baris diketik 1 spasi ke dalam dan semuanya tanpa diberi tanda petik.

5. Penomoran Halaman
a. Nomor pada bagian awal mulai dari lembar pengesahan, lembar pernyataan, daftar isi, hingga abstrak digunakan angka Romawi Kecil (i, ii, iii, iv dan seterusnya).
b. Bagian inti karya tulis mulai dari Pendahuluan sampai dengan Bagian Penutup memakai angka Arab (1, 2, 3 dan seterusnya).
c. Nomor halaman ditulis pada bagian kanan atas.


D. Petunjuk Teknis Presentasi

1. Setiap kelompok mendapatkan kesempatan presentasi maksimal selama 20 menit
2. Hanya diperbolehkan satu orang speaker dalam presentasi (teman tim diperbolehkan mendampingi di depan)
3. Setiap kelompok mendapatkan waktu 10 menit untuk sesi diskusi dan tanya jawab dengan juri (seluruh anggota diperbolehkan berbicara/menjawab)
4. Media Presentasi diperbolehkan menggunakan Powerpoint/Prezzi maksimal 10 Slide (bukan termasuk cover dan penutup).
5. Media presentasi dibuat semenarik mungkin.
6. Presentasi akan disaksikan oleh seluruh finalis lainnya

 

FORM PENILAIAN KARYA TULIS PSYCHOINOVATION

OLIMPIADE PSIKOLOGI 4

                                                                                   

 Judul Karya           :

Universitas  : Nama Ketua  :

 

NO

Kriteria Penilaian

Parameter Penilaian

Bobot

Skor

Bobot x Skor

1.

Format

Penulisan

Karya Tulis

Tata  penulisan: ukuran kertas, tata letak, jumlah halaman, dan kerapian pengetikan

10

 

 

2.

Keunikan, Kreatifitas  serta Inovasi, kesesuaian dengan kondisi  terkini

Gagasan/Topik

Kreativitas gagasan

40

 

 

Inovasi serta pengembangan

 

 

Orisinalitas ide dan gagasan

 

 

3.

Data  dan 

Relevansi 

Sumber 

Informasi

Kesesuaian sumber informasi  (relevansi data dan informasi  yang diperoleh)

20

 

 

Orisinilitas data

 

 

Keakuratan data serta informasi

 

 

4.

Pembahasan, Kesimpulan serta

Keakuratan

Gagasan

Kemampuan menganalisis dan  mensintesis serta merumuskan  pembahasan

30

 

 

Kelayakan  hasil  implementasi  gagasan/ide

 

 

Total

100

 

 

Keterangan: 

Skor bergerak dari angka: 1, 2, 3, 5, 6, 7 

(1 = buruk; 2 = sangat kurang; 3 = kurang; 5 = cukup; 6 = baik; 7 = sangat baik) 

Nilai= bobot x skor

 FORM PENILAIAN PRESENTASI PSYCHOINOVATION

OLIMPIADE PSIKOLOGI 4

 

     Judul Karya                 :

     Universitas                  :

     Nama Ketua                :

No

Kriteria Penilaian

Parameter Penilaian

Bobot

Skor

Bobot x skor

1.

Pemaparan

Sistematika penyajian dan isi

20

 

 

Kemutakhiran alat bantu

 

 

Penggunaan bahasa yang baku

 

 

Cara dan sikap presentasi

 

 

Ketepatan waktu

 

 

2.

Gagasan

Kreativitas gagasan (keunikan,  manfaat, dan dampak)

50

 

 

Kelayakan implementasi

 

 

3.

Diskusi &

Tanya Jawab

Juri

Tingkat pemahaman gagasan

30

 

 

Kontribusi anggota tim

 

 

 

Total

100

 

 

Keterangan: 

Skor bergerak dari angka: 1, 2, 3, 5, 6, 7 

(1 = buruk; 2 = sangat kurang; 3 = kurang; 5 = cukup; 6 = baik; 7 = sangat baik)  Nilai= bobot x skor

 

 RUNDOWN ACARA
PSYCHOINNOVATION
UAD- YOGYAKARTA

 

No

Waktu

Kegiatan

Tempat

 

Keterangan

1

07.00 -- 07.30

Registrasi Peserta Lomba

AUDITORIUM KAMPUS 1 UAD

KSK

2

07.30 – 07.35

Pengondisian Peserta

Seluruh Panitia

3

07.35 – 07.45

Pembukaan

MC

4

07.45 – 07.55

Pembacaan Ayat Suci AlQuran

 

5

07.55 – 08.05

Menyanyikan Lagu Wajib

 

6

08.05 – 08.15

Sambutan Ketua Pelaksana

Annisa Anna

7

08.15 – 08.25

Sambutan Gubernur BEMFPsi

Banan

Syaiful

Islam

8

08.25 – 08.35

Sambutan Dekan

Fakultas  Psikologi

Pak Choirul Anam

9

08.35 – 08.45

Sambutan Rektor

Universitas Ahmad Dahlan

Rektor UAD

10

08.45 – 09.00

Persiapan peserta presentasi (Sesi 1)

MC

11

09.00 – 10.40

Presentasi Peserta

Sesi 1 + Penjurian dan

Tanya Jawab (5 Tim)

Peserta

12

10. 40 – 10. 55

Hiburan 

Mabes

13

 

10.55 – 12.25

ISHOMA

RUANG TRANSIT & MASJID UAD

Conditional

14

12.25 – 12.40

Persiapan peserta presentasi (Sesi 2)

AUDITORIUM KAMPUS 1 UAD

MC

15

12.40 – 14.20

Presentasi Peserta

Sesi 2 + Penjurian dan

Tanya Jawab (5 Tim)

 

Peserta

16

14.20 – 14.35 

Hiburan

Mabes

17

14.35 – 14.45

Penutupan

MC

18

14.45 – 15.50

Acara Lain-lain (foto, sholat Ashar)

 

Seluruh panitia dan

Peserta

18

15.50 – 16.30

Pengondisian

Mengantar Peserta Closing

GOR Amongrogo

LO

 

 


 

PsychoPaper

Tema Paper “Semangat Kebangsaan dalam Sumpah Pemuda”

Akan dipilih 15 paper terbaik untuk dipresentasikan di Universitas Teknologi Yogyakarta pada tanggal 27 dan 28 Oktober 2017

Ketentuan Lomba

  • Peserta adalah mahasiswa psikologi aktif
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 500.000,-
  • Isi karya bersifat ilmiah dan berisi tinjauan pustaka
  • Substansi sesuai dengan tema
  • Logis, Sistematis, Objektif
  • Menggunakan bahasa Indonesia baik dan benar
  • Urutan penyajian materi sesuai dengan struktur yang diberikan
  • Konten naskah ditulis maksimal 10 halaman (tidak termasuk dengan halaman judul, halaman pengesahan, daftar isi, dan lampiran)
  • Karya tulis merupakan gagasan orisinil peserta dan belum pernah dipublikasikan
  • Format penulisan

Sampul

Jenis huruf pada sampul disamakan dengan jenis huruf pada naskah.

Jenis Huruf

Naskah diketik dengan huruf Times New Roman ukuran 12 dan untuk seluruh naskah harus dipakai jenis huruf yang sama.

Jarak Baris

Naskah ditulis dengan jarak 1,15 spasi.

Batas Tepi

Batas-batas pengetikan ditinjau dari tepi kertas, diatur sebagai berikut Tepi atas : 4 cm, Tepi bawah : 3 cm, Tepi kiri : 4 cm, Tepi kanan : 3 cm

Karya diberikan abstrak maksimal 500 kata

Struktur Penulisan :

  • Halaman Judul
  • Lembar Pengesahan Universitas
  • Pernyataan Orisinalitas (Menggunakan template masing-masing universitas, yang diutamakan adalah kejelasan nama, jurusan dan asal universitas disertai dengan tanda tangan di atas materai)
  • Abstrak
  • Daftar Isi/Tabel/Gambar
  • Pendahuluan (Latar belakang, Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian)
  • Kajian Pustaka
  • Metode Gagasan
  • Hasil yang Diharapkan/Pembahasan
  • Kesimpulan dan Saran
  • Daftar Pustaka
  • Lampiran

Pendaftaran

Untuk calon peserta lomba dapat mendaftar lewat email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. dengan subject : PAPER_(nama universitas)_(nama peserta)

  • Mengisi formulir pendaftaran
  • Mengirimkan scan KTM
  • Mengirimkan scan bukti pembayaran lomba
  • Mengirimkan scan surat rekomendasi dari fakultas
  • Mengisi dan menandatangani surat pernyataan orisinalitas karya diatas materai Rp 6000.
  • Konfirmasi ke CP

 Dyah Ratri – 0856 4340 4422 Tabah Aris – 0813 1202 9282

  1. Deadline pendaftaran dan pengiriman paper pada Hari Kamis, tanggal 5 Oktober 2017 pukul 09.00
  2. Paper yang lolos seleksi untuk dipresentasikan di Universitas Teknologi Yogyakarta akan diumumkan pada Hari Sabtu tanggal 7 Oktober 2017 melalui web OPI 4.

 


 

Psychofutsal

Diadakan selama dua hari, 27 dan 28 oktober 2017 di Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia.

Ketentuan Lomba

  1. Peserta merupakan mahasiswa aktif Psikologi S1.
  2. Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 750.000-/tim
  3. Setiap tim terdiri dari 8 sampai 10 orang pemain dan 2 orang official, dengan menggunakan sistem gugur (knockout)
  4. Diikuti oleh 16 tim se-Fakultas Psikologi
  5. Waktu untuk 1 pertandingan penyisihan dan perempat final 25 menit dengan estimasi waktu 1 babak 10 menit (waktu kotor) termasuk time out, 5 menit safety time.  
  6. Waktu untuk 1 pertandingan semifinal 45 menit dengan estimasi waktu 1 babak 10 menit (waktu setengah bersih) termasuk time out, 5 menit safety time.  
  7. Waktu untuk 1 pertandingan perebutan juara ke-3 dan final 75 menit dengan estimasi waktu 1 babak 15 menit (waktu bersih) termasuk time out, 5 menit safety time.  
  8. Tim dinyatakan WO (walk out) dan kalah dengan full score, jika tidak hadir di lapangan sama sekali dan tidak hadir dilapangan setelah 3x panggilan (1 menit 30 detik).

Pendaftaran

Untuk calon peserta lomba dapat mendaftar lewat email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. dengansubject : FUTSAL_(nama universitas)_(nama peserta)

1. Mengisi formulir pendaftaran

2. Mengirimkan scan KTM

3. Mengirimkan scan bukti pembayaran lomba

4. Mengirimkan scan surat rekomendasi dari fakultas

5. Konfirmasi ke CP Resti : +6281337305565 (WA)

 


 

Rancangan Teknis Psychoclimb 2017

 

Teknis Pendaftaran

Psychoclimb merupakan lomba olahraga panjat dinding antar mahasiswa psikologi pertama di seluruh Indonesia. Psychoclimb tahun ini terdiri dari dua kategori lomba yang dapat diikuti, yaitu:

 

1. Kategori Lead Putra (perorangan)

2. Kategori Lead Putri (perorangan

 Adapun sistematika umum yang digunakan dalam teknis Psychoclimb 2017:

  1. Diadakan dua sampai tiga babak (tergantung dari jumlah pesaing) yang terdiri dari babak penyisihan, semi-final, dan final
  2. Penilaian menggunakan sistem poin mengikuti sistem penilaian yang berlaku (dijelaskan saat TM). Pemenang adalah pesaing dengan peraih poin terbanyak.

 

Rangkaian kegiatan Psychoclimb diadakan selama 1 hari di Universitas Gadjah Mada (UGM), dengan target jumlah pesaing masing-masing kategori lomba adalah 15 pesaing. Adapun ketentuan umum perlombaan adalah:

1. Pesaing adalah mahasiswa psikologi dengan status studi aktif di fakultasnya.

3. Setiap fakultas diperkenankan mengirimkan maksimal 1 untuk mewakili 1 kategori lomba, sehingga jumlah maksimal pesaing lomba adalah 2 orang per kontingen fakultas.  

4. Setiap pesaing hanya dapat mengikuti satu kategori lomba.

5. Membawa KTM, surat keterangan sehat, dan asuransi saat lomba.

6. Biaya pendaftaran yang dikenakan per orang adalah Rp300.000,00

7. Pendaftaran maksimal 20 Oktober 2017

 

 Tempat lomba              : Fakultas Psikologi, Jalan Sosio Humaniora, Universitas Gadjah Mada,  

                                       Yogyakarta

Technical Meeting       : 26 Oktober 2017

Lomba                         : 28 Oktober 2017

Contact Person             : 085846628885 (Azil)
                                      0895605898493 (Ela)

 


KETENTUAN LOMBA DEBAT

PSYCHODEBATE OLIMPIADE PSIKOLOGI 4 2017

UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA

 

I.        TEMA

Pemuda sebagai penerus generasi bangsa

II.      PESERTA

Peserta kompetisi debat ini adalah mahasiswa aktif (angkatan 2014, 2015, dan 2016) S1 Jurusan Psikologi pada universitas di Indonesia. Peserta tergabung dalam 1 tim dengan 3 orang anggota yang berasal dari universitas yang sama. Setiap universitas diperbolehkan mengirim perwakilan maksimal hingga 2 tim.

III.    PENDAFTARAN DAN ADMINISTRASI PENDAFTARAN

Untuk melakukan pendaftaran, berkas yang harus dilengkapi meliputi :

  1. Formulir pendaftaran
  2. Slip bukti pembayaran
  3. KTM
  4. Surat Keterangan Aktif

Berkas-berkas tersebut kemudian discan dan dikirim melalui email ke alamat This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. .

Biaya pendaftaran yang dibutuhkan adalah Rp. 850.000,00 per tim. Pendaftaran akan ditutup setelah kuota 20 tim terpenuhi.

 IV.    TECHNICAL MEETING

Technical meeting akan dilaksanakan pada :

Hari, tanggal          :   Kamis, 26 Oktober 2017

Lokasi                   : Prodi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta

 V.      PELAKSANAAN KEGIATAN

Kompetisi debat ini akan berlangsung pada :

Hari, tanggal          :  Jum’at – Sabtu, 27 – 28 Oktober 2017

Lokasi                    : Prodi Psikologi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia

 VI.    KETENTUAN DAN PERATURAN UMUM

  1. Setiap tim terdiri atas 3 orang mahasiswa aktif S1 Psikologi dari universitas yang sama sebagai perwakilan universitas seluruh Indonesia.
  2. Jika ada tim yang berhalangan hadir saat pertandingan, maka tim tersebut dianggap gugur.
  3. Peserta dilarang membawa senjata tajam, obat-obatan terlarang, minum – minuman keras, berpakaian tidak sopan dan merokok di dalam ruangan maupun di sekitar gedung tempat berlangsungnya kompetisi.
  4. Peserta dilarang melakukan segala bentuk kecurangan dan tindakan yang bersifat menghambat jalannya pertandingan. Jika ditemukan ada kecurangan maka panitia berhak untuk mendiskualifikasi tim yang bersangkutan.
  5. Setiap peserta wajib memahami, mengamalkan dan mematuhi setiap peraturan yang ditentukan oleh panitia. Apabila ada pertanyaan, kesempatan untuk bertanya akan diberikan ketika technical meeting dilaksanakan.
  6. Jika ada tim yang berhalangan hadir saat technical meeting dilaksanakan, maka tim tersebut dianggap menerima segala keputusan dan peraturan yang ditetapkan selama technical meeting.
  7. Panitia berhak mengubah dan menambahkan peraturan baru sesuai dengan situasi dan kondisi yang terjadi.

 

  1. VII.  CONTACT PERSON

Email         : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Website     : www.himpsi.or.id

Wa                        : 082133381440 (Dita)

                    085713275200 (As’ad)


PSYCHODEBATE

RUNDOWN

Technical Meeting

Kamis, 25 Oktober 2017

Lokasi Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora

Kampus Terpadu Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

No

Jam

Durasi

Agenda

Tempat

1

12.00 – 13.00

60’

Persiapan Technical Meeting

Prodi Psikologi Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN SUKA

2

13.00 – 15.00

120’

Technical Meeting Psychodebate

Prodi Psikologi Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN SUKA

3

15.00 – 15.30

30’

Penutupan

Prodi Psikologi Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN SUKA


 

RUNDOWN

 

Hari 1

Jum’at, 27 Oktober 2017

Lokasi Gedung Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya

Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia

No

Jam

Durasi

Agenda

Tempat

1

06.00 –07.00

60’

Briefing Panitia

Hall Panitia

2

07.00 – 08.00

60’

Registrasi Peserta

Hall Peserta

60’

Registrasi Juri

Hall Juri

3

08.00 – 08.30

30’

Pembukaan

Hall Peserta

4

08.30 – 09.00

30’

Persiapan debat dan penentuan mosi

Hall Peserta

5

09.00 – 10.00

60’

Penyisihan I

Ruang Kompetisi

6

10.00 – 10.30

30’

Persiapan debat dan penentuan mosi

Hall Peserta

7

10.30 – 11.30

60’

Penyisihan I

Ruang Kompetisi

8

11.30 – 12.45

75’

ISHOMA

Hall Peserta

9

12.45 – 13.15

30’

Persiapan debat dan penentuan mosi

Hall Peserta

10

13.15 – 14.15

60’

Penyisihan III (Silent Round)

Ruang Kompetisi

11

14.15 – 15.45

30’

Persiapan debat dan penentuan mosi

Hall Peserta

12

15.45 – 16.45

60’

Quarter Final (Silent Round)

Ruang Kompetisi

 

13

16.45 – 17.30

45’

Pengumuman DLL

Hall Peserta

 RUNDOWN

 Hari 2

Sabtu, 28 Oktober 2017

Lokasi Gedung Kuliah Umum Dr. Sardjito dan Gedung PBI FPSB

Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia

No

Jam

Durasi

Agenda

Tempat

1

06.00 – 07.00

60’

Briefing Panitia

Hall Panitia GKU

2

07.00 – 08.00

60’

Registrasi Peserta

Hall Peserta GKU

3

08.00 – 08.30

30’

Persiapan debat dan penentuan mosi

Hall Peserta GKU

4

08.30 – 09.30

60’

Semifinal

Ruang Kompetisi di gedung PBI FPSB

5

09.30 – 10.00

30’

Persiapan debat

Pengumuman Perebutan Juara

Pengumuman mosi impromptu

Hall Peserta GKU

6

10.30

30’

Case Building Penentuan Juara 3

GKU

7

10.30 – 11.30

60’

FINAL Perebutan Juara 3

Hall Peserta GKU

8

11.30 – 12.30

60’

ISHOMA

Hall Peserta GKU

9

12.30 – 13.00

30’

Persiapan debat

Pengumuman mosi impromptu

Hall Peserta GKU

10

13.00 – 13.30

30’

Case Building Penentuan Juara 3

GKU

11

13.30 – 14.30

60’

FINAL Perebutan Juara 1

Hall Peserta GKU

12

14.30 – 15.15

45’

Pengumuman Juara

Hall Peserta GKU


 

PSYCHOWORKSHOP - TERM OF REFERENCE (TOR)

Psychoworkshop “Ajaran Tamansiswa dalam Perspektif Psikologi”

 

Tantangan Indonesia saat ini adalah menjaga generasi penerusnya agar tidak menjadi musuh untuk negaranya sendiri. Perkembangan kuantitas dan kualitas bangsa Indonesia dapat dikatakan berjalan dengan pesat, dibuktikan dengan banyaknya generasi muda yang memiliki prestasi diberbagai bidang, namun di sisi lain bangsa Indonesia mengalami krisis karakter dan budi pekerti yang menjadi identitas ke-Indonesia-an.

Ajaran Tamansiswa melibatkan proses “ngerti, ngroso, nglakoni” dimana proses tersebut erat kaitannya dengan Psikologi sebagai ilmu pengetahuan yang memelajari proses mental dan perilaku manusia. Ajaran Tamansiswa merupakan salah satu kearifan lokal Indonesia, ilmu dan kajian asli Indonesia yang tidak kalah dengan ilmu negara asing. Oleh sebab itu, diperlukan suatu kegiatan yang membahas dinamika dan keterkaitan antara Ajaran Tamansiswa dengan Psikologi.

 

TUJUAN

Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan tambahan wawasan dan pengalaman terkait Ajaran Tamansiswa dalam Perspektif Psikologi beserta implementasinya.

 

LUARAN YANG DIHARAPKAN

  1. Peserta memahami mengenai Ajaran Tamansiswa dan Perspektif Psikologi
  2. Peserta memahami dinamika dan/atau keterkaitan antara Ajaran Tamansiswa dan Psikologi
  3. Peserta memahami cara mengimplementasikan Ajaran Tamansiswa dalam Perspektif Psikologi

 

RENCANA KEGIATAN

Judul kegiatan             : Psychoworkshop OPI 4

Tema kegiatan            : Ajaran Tamansiswa dalam Perspektif Psikologi

Hari/tanggal                : Sabtu/28 Oktober 2017

Pukul                           : 08.00 sd 12.30 WIB

Tempat                        : Ruang Ki Sarino Mangunpranoto, Kampus 1 UST

                                      Jalan Kusumanegara No 157, Yogyakarta

Kuota peserta              : 200 orang

 

NARASUMBER

  1. Prof. Dr. Ki Supriyoko, M.Pd
  2. Supra Wimbarti, M.Sc, Ph.D

 

TARGET PESERTA          

  1. Peserta OPI 4
  2. Anggota Himpsi
  3. Mahasiswa Psikologi
  4. Umum

 

INFORMASI DAN PENDAFTARAN

Pendaftaran dibuka sampai dengan 24 Oktober 2017

Biaya Registrasi

Umum/S2        Rp 350.000,-

Anggota HIMPSI/S1  Rp 200.000,-

Kontak

Email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

CP 085727236999 (Titisa)

CP 081228019875 (Ikhsan)

 

PENUTUP

Demikian penjelasan ringkas Psychoworkshop ”Ajaran Tamansiswa dalam Perspektif Psikologi”. Semoga dapat memberikan gambaran jelas mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan tersebut.


 

 

Form Pemesanan Hotel

Olimpiade Psikologi 2017

Universitas:

 

1.       Jenis Kamar                        : Double / Triple / Quatro *

Tanggal Check In              :

Tanggal Check Out          :

Nama                                   : 1.

 

 

 

2.       Jenis Kamar                        :

Tanggal Check In              :

Tanggal Check Out          :

Nama                                   : 1.

 

 

 

3.       Jenis Kamar                        :

Tanggal Check In              :

Tanggal Check Out          :

Nama                                   : 1.

 

 

 

4.       Jenis Kamar                        :

Tanggal Check In              :

Tanggal Check Out          :

Nama                                   : 1.

 

 

5.       Jenis Kamar                        :

Tanggal Check In              :

Tanggal Check Out          :

Nama                                   : 1.

 

 

 

Total Pembayaran          : Rp

 

Pembayaran dapat ditransfer ke rekening BCA 445 1218 128 a.n. Ikhsan Ma’mur Khanifan

Kirimkan Formulir ini beserta bukti Pembayaran ke email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. paling lambat 15 Oktober 2017

 

Pencarian

Download Center

Himne Psikologi

1646768
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Bulan Ini
Semua
855
1383
5928
26016
1646768

Peta Himpsi Wilayah

Hubungi Kami

Jl. Kebayoran Baru No. 85B
Kebayoran Lama, Velbak 
Jakarta 12240

Telp.  :  021 72801625, 085282610736
Fax.  : 021 72801625
Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Website  : http://himpsi.or.id